Gamekid.id – Bulan lalu Microsoft mengumumkan akuisisi ZeniMax Media dan anak perusahaannya, termasuk Doom, The Elder Scrolls, dan penerbit Fallout Bethesda. Meskipun Microsoft belum merinci rencana rilisnya untuk game Bethesda di masa depan, Phil Spencer dari Xbox mengatakan bahwa harga kesepakatan tersebut tidak memaksakan keputusan apa pun tentang platform game.
Akuisisi ini menelan biaya $ 7,5 miliar Microsoft dan diharapkan segera ditutup, tetapi Microsoft mengatakan bahwa kesepakatan eksklusivitas yang ada untuk game seperti Deathloop dan Ghostwire: Tokyo di PlayStation 5 tidak akan diubah. Namun, masa depan judul Bethesda kurang pasti, dengan Microsoft sebelumnya menyatakan bahwa mereka akan menentukan platform rilis untuk game berdasarkan “kasus per kasus”.
Spencer, berbicara dengan Kotaku, tidak merinci pendirian itu, tetapi menyebutkan bahwa Microsoft tidak memiliki kewajiban untuk merilis game pada platform yang tidak dapat dikontrol untuk aspek keuangan dari kesepakatan tersebut.
“[W] e memiliki xCloud dan PC serta Game Pass dan basis konsol kami, saya tidak perlu mengirimkan game-game itu ke platform lain selain platform yang kami dukung untuk membuat kesepakatan berhasil bagi kami. Apa pun artinya, “jawab Spencer ketika ditanya tentang apakah Microsoft perlu menjual The Elder Scrolls VI di PS5 untuk menutup biaya.
Meskipun Spencer tidak langsung mengatakan apakah judul Bethesda di masa depan akan menjadi multi-platform, tampaknya jelas sekarang bahwa Microsoft memiliki fleksibilitas untuk memutuskannya tanpa harus memikirkan biaya pembelian penerbit. Itu juga telah merilis judul yang didanai Microsoft pada platform yang bersaing, yang paling baru dengan Ori and the Will of the Wisps di Nintendo Switch.
Spencer memang menyebutkan dalam wawancara yang sama bahwa dia tidak melihat strategi itu berkelanjutan. Dikombinasikan dengan keluaran Obsidian Entertainment serta reboot Fable Playground Games, Xbox Series X dan S akan menjadi pembangkit tenaga RPG. Ketika kita akan melihat hasil kerja studio-studio itu, masih harus dilihat.
Di tempat lain dalam wawancara, Phil Spencer berbagi pemikirannya tentang perbedaan antara Xbox Series X dan Series S, mengatakan bahwa dia yakin yang terakhir pada akhirnya akan menjadi best seller selama generasi mendatang ini. Xbox Series X dan Series S diluncurkan pada 10 November. Itu dua hari sebelum PS5. Tidak seperti Seri X dan Seri S yang sangat berbeda, satu-satunya perubahan antara PS5 standar dan PS5 Digital Edition adalah drive disk.
Sebagai salah satu langkah pertama setelah pengumuman akuisisi, Microsoft dan Bethesda menempatkan Doom Eternal di Xbox Game Pass. Doom Eternal sekarang telah meluncurkan bagian pertama dari DLC Dewa Kuno-nya.